Selasa, 02 Juli 2013

Pemkab Kubu Raya Gelar Sunatan Masal Disejumlah Desa

        Dalam upaya meningkatan pelayanan kesehatan kepada masyakat di Kubu Raya, yang mana hal tersebut merupakan pelayanan dasar kepada masyarakat. Pemerintah Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan melakukan sunat masal secara gratis kepada 150 orang anak di Desa Sungai Ambangah, Kecamatan Sungai Raya yang bekerjasama dengan PT. Jasa Raharja.

          Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, pelayanan tersebut dilakukan karena bertepatan juga dengan hari libur sekolah, sehingga menjadi kesempatan yang baik bagi anak-anak dan orang tua yang ada di Desa Sungai Ambangah dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sekakigus juga meringankan beban masyarakat dalam menyunatkan anak-anak mereka.

       "Kegiatan ini kita lakukan untuk membantu masyarakat, meringankan beban orang tua, dan kita harapkan nantinya kegiatan ini kita lakukan dengan berkesinambungan apalagi di sini kita kerjasama dengan PT.Jasa Raharja lewat program CSRnya. Sunatan ini kita gratiskan dan kita buka untuk semua masyarakat. Disamping sunatan gratis kita juga buka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Juga sekaligus memberikan ketenangan bagi masyakat kita di Kubu Raya ini komitmen kita adalah semua masyakat terlayani dengan baik dan tenang," ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan kepada sejumlah wartawan disela peninjauan kegiatan sunatan masal di Sungai Ambangah, Selasa (2/7).

        Sementara itu Kepala Desa Sungai Ambangah Sofian Hanipan mengungkap­kan kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk meng­khintankan anak lelaki mereka, sebab untuk kondisi sekarang ini biaya yang dikeluarkan untuk khitan cukup besar. "Kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk partisipasi dan keprihatinan kita terhadap masyarakat miskin yang tidak bisa menyunat anaknya karena terbentur biaya. Untuk itu, kita coba dengan kegiatan ini, dan Alhamdulillah antusias orang tua cukup besar untuk menyunat anaknya dan data yang kami terima, jumlah anak yang di sunat mencapai 150 anak", paparnya

       Berdasarkan pantaun RRI di lapangan, sejumlagh orangtua tampak ikut mendampingi anaknya yang mendapat sunatan gratis . Anak-anak yang masih lugu itu ada yang berteriak kesakitan, tapi ada juga yang pasrah.Tim medis sunatan diambilkan dari tenaga medis Puskesmas Sungai Raya dan Dinas Kesehatan serta petugas yang ada di postu dan poskesdes. Usai men­jalani sunatan massal, anak-anak tersebut mendapakan kain sarung dan obat-obatan.

      Salah seorang orang tua yang datang membawa anaknya sunatan dengan menggunakan sampan Ibu Tinem mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Pemerintah Kubu Raya atas adanya program sunatan massal ini.

      "Kami sangat bersyukur dan berterimaksih atas adanya program pemerintah dengan sunatan masal ini. Saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kubu Raya, beliau membantu kami menyunatkan anak-anak kami. Kami mengakui beliau selalu memberikan program-program yang baik bagi masyarakat.Seperti sekarang ini, berobat kami gratis, sunatan juga gratis, ini sangat membantu kami,"ucap Ibu yang kerja sehari-hari sebagai penoreh karet tersebut.

       Ditempat yang sama, perwakilan dari PT. Jasa Rahardja Kalimantan Barat Eko berharap, dengan dilakukannya kegiatan ini, pihaknya juga akan melakukan program-program kegiatan sosial serupa dengan kerjasama bersama dengan Pemerintah Kubu Raya. Dan diharapkan ini terus dapat dilakukan dengan baik untuk kepentingan masyarakat luas. Sebagai BUMN, pihaknya juga ingin ikut serta membantu pemerintah Kubu Raya mendampingi dan mengawal kebijakan Pemetintah Kubu Raya yang selalu mengedepankan kepentingan rakyat banyak.   

      "Kita senantiasa memberikan dukungan kepada siapa saja yang ingin melakukan kegiatan yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat luas. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, kita harapkan agar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak hanya sampai disini saja di dalam hal ini, namun kedepannya pihaknya akan selalu mendampingi dan mensupot kegiatan serupa", pintanya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar