Rabu, 28 November 2012

LAMBANNYA PENGANGKUTAN SAMPAH DI TPS, WARGA TUTUP HIDUNG


Kubu Raya, Kalbar ; - Tingginya jumlah volume sampah yang menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terdapat di pinggir Jalan Adisucipto Km 13,7 di Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, menebar bau yang tidak sedap sehingga membuat masyarakat harus menutup hidung setiap melewati jalan tersebut. Karena menumpuk hingga meluber ke jalan raya sekaligus menjadi jalan utama warga Kecamatan Sungai Raya. ”Sepertinya petugas terlambat membawa sampah-sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir,” Ungkap Deny warga sekitar TPS tersebut Rabu (28/11) .

          Menurutnya sampah tersebut selain merusak pemandangan karena letak TPS di pinggir jalan juga menganggu aktivitas. Bayangkan saja, setiap pengendara lewat dipastikan menutup hidung akibat bau menyengat belum lagi banyaknya lalar berterbangan. ”Sampah-sampah itu menjadi busuk karena lama diangkut. Makanya kita minta dinas teknis segera mengurusnya,” ucap dia.

            Sementara sebelumnya disisi lain Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kubu Raya, Rusnaldi menyambut baik diterimanya 8 buah bak sampah berukuran 1 kubik dari Forum Komunikasi Pembangunan Sungai Raya Dalam (FKPSRD) pada acara Gerakan Bersih Lingkungan di Sungai Raya Dalam (Serdam).
  
           Ia berharap, itu dapat dicontoh dan diikuti lembaga masyarakat lain di Kubu Raya. "Kita pemerintah bangga dan memberi apresiasi ada lembaga masyarakat yang peduli dengan lingkungannya dengan membuat bak sampah. Kita berharap  partisipasi dari lembaga masyarakat lainnya dapat mengikuti jejak FKPSRD ini," katanya.

            Ia mengatakan pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan partisipasi dan peran serta dari masyarakat. "Ini bentuk wujud kemitraan antara pemerintah dan lembaga masyarakat. Sehingga yang telah diserahkan masyarakat maka akan kembali lagi kepada masyarakat itu sendiri," imbuhnya.

           Penyerahan 8 buah bak sampah dari FKPSRD kepada Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan ditandai dengan penanda tanganan berita acara penyerahan yang disaksikan langsung Bupati dan Ketua DPRD Kubu Raya dan masyarakat Sungai Raya Dalam. "Nantinya untuk penempatan bak sampah ini kami pun juga akan berkoordinasi dengan masyarakat, kawasan mana yang lebih layak dan tepat. Sehingga sampah-sampah yang dibuang masyarakat itu juga dapat terangkut," kata Rusnaldi lagi.

          Ketua FKPSRD, Harry Syahrizuan berharap 8 buah bak sampah ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Sehingga permasalahan sampah yang selama ini dikeluhkan masyarakat dapat teratasi. "Kita tidak ingin sampah-sampah berserakan hingga ke bahu jalan. Karena itu kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga Desa Sui Raya Dalam sebagai kawasan bersih lingkungan yang bebas dari sampah," ucapnya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar