Selasa, 04 Desember 2012

DPRD KUBU RAYA MINTA DISDIK BERIKAN DATABASE SEKOLAH YANG RUSAK



Sungai Raya, Kubu Raya : - Untuk melakukan perbaikan sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Kubu Raya, DPRD setempat meminta agar Dinas Pendidikan memberikan database sekoalah yang benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kubu Raya diminta untuk segera menginventarisir infrastruktur sekolah-sekolah khususnya sekolah dasar di Kabupaten Kubu Raya.

        “Maka dari itu Disdik Kubu Raya harus punya database sekolah yang memang benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan”, ungkap ketua Komisi D DPRD Kubu Raya, Mustafa MS kepada sejumlah wartawan, Selasa (4/12). 

           Mustafa mengungkapkan, paling tidak Disdik Kubu Raya mempunyai database. Mengingat Kubu Raya yang masih berumur 5 tahun ini belum mampu menjawab perbaikan insfrakturuktur khususnya sekolah dasar yang ada di berbagagi kecamatan di Kubu Raya. 

         Namun, di APBD 2012 ini pemerintah mencoba meletakan pondasi-pondasi serta menginventarisir sekolah-sekolah mulai dari rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat. “Dan di anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) juga sudah mengalokasikan beberapa sekolah-sekolah di beberapa kecamatan untk dibantu secara proporsional, karena apabila dilakukan secara menyeluruh tentunya tidak akan mampu, mengingat anggaran pemerintah terbatas”, paparnya.

        Mustafa menjelaskan, persoalan insfraktruktur sekolahan di Kubu Raya ini sangatlah kompleks sekali. Bahkan di setiap kecamatan juga banyak sekolah-ssekolah yang rusak. Makanya, pada tahun 2012 mendatang, sekolah-sekolah yang belum mendapatkan bantuan rehab agar segera diprioritaskan. Oleh karena itu, Disdik Kubu Raya untuk lebih fokus terhadap rehabilitasi sekolah yang termasuk ke dalam kategori rusak berat.

       “Sasaran yang kita usulkan untuk direhabilitasi adalah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, di mana wajib belajar 9 tahun harus tuntas ketersediannya. Artinya, harus betul-betul yang rusak termasuk isinya. Untuk dana bisa diambil dari Dana Alokasi Khusus - DAK yang memang fungsinya untuk rehab”, tuturnya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar