Rabu, 19 Desember 2012

576 Wagra Kubu Raya Mendapatkan Bantuan BSPS


        Kubu Raya, Kalbar ; - Kepala Deputi Perumahan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Ir.Jamil Anshari.SH.MM, mewakili Menteri Perumahan Rakyat menyerahkan secara simbolis Dana bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kemenpera RI dari Anggaran APBN 2012 di Kabupaten Kubu Raya. Disamping memberikan bantuan tersebut, Jamil juga menyempatkan diri berdiskusi dengan Kepala-kepala Desa dan Bupati Kubu Raya serta meninjau langsung rumah yang pernah dibantu perbaikannya pada anggaran tahun sebelumnya.

         Jamil mengatakan bahwa masyarakat yang mendapatkan dana bantuan berupa dana stimulan tersebut tidak lagi diberatkan dengan biaya dan lain sebagainya. “Jangan sampai ada lagi yang harus memberikan uang setor dan sebagainya,” ungkap Jamil. Proses pembangunan nantinya melalui pembelian material bagunan yang dilakukan secara bersama-sama dan bergotong royong. Mengambil dananya secara berkelompok dan seizin dari TPM_nya. Semunya hrus dilakukan secara terbuka. Sehingga dengan demikian dana yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan peruntukannya.

          Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan dengan adanya bantuan dari kementerian lewat anggaran APBN 2012, dapat betul-betul memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Dari rumah tidak layak huni sebelumnya menjadi layak sehingga kualitas hidup dapat lebih baik. Ia berharap agar program dari pemerintah pusat tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. “ kita bersyukur dapat kembali dipercaya oleh kementerian untuk menerima program ini. Saya dan jajaran, camat, desa hingga rt/rw dan masyarakat semuanya akan bersama-sama mengawal dan mengawasi program ini agar dapat berjalan dengan lancar dan benar, sehingga kedepan kita bisa dipercaya dengan jumlah yang lebih besar lagi,” ungkap Muda

         Muda mengatakan dengan dilakukan sosialisai akan memudahkan masyarakat mengerti dan memahami mekanisme, program dari kementerian tersebut. “Kita berharaap nantinya tidak ada mis-komunikasi dimasyarakat, yang dapat berakibat timbulnya kesalahpahaman, untuk itu kita mengundang semu masyarakat yang menerima kesini, untuk mendapatkan arahan langsung dari kementerian, seperti apa prosedur dan mekanismenya nati,” terang Muda.

        Di Kubu Raya sendiri ada sebanyak 576 Wagra yang mendapatkan bantuan tersebut.  Syamsudin (42) warga desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap ini, menjadi satu diantara 576 warga yang mendapatkan bantuan Setimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kemenpan, Republik Indonesia anggaran APBN 2012. Ia yang sehari-hari beraktifitas sebagai petani dan masih menumpang di rumah kerabatnya ini menuturkan rasa syukur, atas bantuan yang diberikan pemerintah pusat tersebut. 

       "Alhamdulillah paling tidak saya dapat bangun rumah kecil-kecilan, ditanah saya Sungai Berembang," tutur Syamsudin.  Selama ini ia bersama istri dan ke empat anaknya untuk sementara mendiami sebuah rumah kerabat di Sungai Berembang desa Sungai Rengas, lantaran tidak sanggup untuk membangun rumah sendiri. "Rumah saye atapnya daun dan dinding papan bekas simperan itu pun bukan rumah kami," ungkapnya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar