Jumat, 10 Mei 2013

Nanas Masih Menjadi Pangsa Pasar Yang Besar Bagi Kabupaten Kubu Raya

Dengan melihat pangsa pasar yang cukup besar untuk mempromosikan makanan dan minuman khas di Kabupaten Kubu Raya, dalam waktu dekat ini Dinas Koprasi dan UMKM setempat akan meningkatkan perusahaan nanas yang ada di Kecamatan Rasau Jaya.

    Selama ini, program beras lokal yang di gaungkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya ternyata sudah banyak di minati masyarakat, tidak hanya di Kubu Raya namun sebagian masyarakat Kota Pontianak, sebagian wilayah di Kalimantan Barat pun sudah mulai mengkonsumsi beras lokal yang di hasilkan para petani Kubu Raya.

    Kondisi ini di karenakan Beras lokal Kubu Raya sudah dipasarkan di sejumlah swalayan di Kota Pontianak. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak berhenti untuk mempromosikan sejumlah makanan khas Kubu Raya.

    Di mana pada tahun 2013 ini, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Koprasi dan UMKM telah menyiapkan sebanyak 50 produk makanan dan minuman khas Kubu Raya untuk diperjual belikan kepada masyarakat. "Saat ini kita sedang mendesain 50 produk makanan dan Minuman khas Kubu Raya, diantaranya, salai pisang, salai nanas, dan sejumlah makanan dan minuman lainnya", ungkap Kabid Kemitraan dan pengembangan Usaha Dinas Koprasi dan UMKM Kubu Raya Subandhi di Sungai Raya, Rabu (8/5).

     Namun Subandhi menegaskan, bahwasanya sebelum di pasarkan, seluruh produk tersebut harus di uji terlebih dahulu kelezatan dan bentuk disaen harus rapi dan idah sehingga tampilan dan rasanya bisa di minati seluruh lapisan masyarakat. "Meski sejumlah produk sudah kita desain dan dikembangkan, namun kita harus lebih mengutakan kualitas rasa maupun desainnya", paparnya.

    Lebih lanjut Subandhi menjelaskan, dengan melihat pangsa pasar yang cuku besar untuk mempromosikan makanan dan minuman khas Kubu Raya, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan meningkatkan dari perusahaan nanas yang ada di Kecamatan Rasau Jaya dan saat ini piahknya juga sudah menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian Untan Pontianak. Dimana nantinya buah nanas tersebut akan di buat menjadi 7 macam makan yang terbuat dari Nanas. Mulai dari, jus nanas, Nutri gel nanas, pirus nanas, dodol nanas dan lain sebagainya.

    "Saat ini kita juga sedang berusaha melakukan kerjasama dengan Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak di dalam mengembangkan dan mempromosikan produk hasil dari tangan masyarakat Kubu Raya. Tentunya hal ini akan menjadikan produk makanan Kubu Raya di kenal oleh lapisan masyarakat di Kalimantan Barat, tentunya kedepannya bisa kenal di seluruh Indonesia", bebernya.

     Subandhi mengharapkan, dengan di terimanya sejumlah produk Kubu Raya ini di hati masyarakat, maka Kubu Raya akan lebih di kenal dengan beraneka ragam makanan khas Kubu Raya. "Kita harapkan agar, dengan dipromosikannya produk makanan kita ini, Kabupaten Kubu Raya yang merupakan Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini bisa bersaing dalam produk khas daerahnya", harapnya. (Rino Kartono Mawardi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar