Kamis, 30 Mei 2013

Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Kubu Raya Harus Berperan Dalam Pembangunan

        Perjuangan kaum perempuan turut mengambil peran dalam mengatasi persoalan bangsa makin signifikan. Melalui organisasi Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), kaum perempuan berjuang secara mandiri mengatasi persoalan pendidikan, kemiskinan dan diskriminasi yang selama ini dialami. Hal tersebut menjadi latar belakang dari munculnya Serikat Pekka di Kubu Raya, sebagai anggota terbanyak di Kalimantan Barat, dimana 85 % anggota Pekka di Kalimantan Barat berada di Kabupaten Kubu Raya.

        Selain menggelar forum wilayah, Serikat Pekka Kalimantan Barat, juga menampilkan malam pentas seni dan budaya oleh ibu-ibu anggota Pekka dan anak-anak asuhan Pekka, yang bernaung dalam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pekka. Dan acara lomba-lomba yang lainnya seperti lomba pantun dan lain-lain yang dmaksudkan untuk meningkatkan kreatifitas dan menggali potensi yang mereka miliki.

       Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan mengungkapkan, forum wilayah yang di laksanakan di Sungai Kakap tersebut mengangkat tema "Perlindungan Sosial dan Penghapusan Kekerasan terhadap perempuan adalah hak kami".
Menurut Rosalina, Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Perjuangkan Kemandirian dalam Forwil tersebut serikat Pekka juga melibatkan lembaga pemerintah dan pihak legislatif untuk memberikan dukungan pada kaum perempuan. Melalui program-program yang digagas Pekka dalam bentuk pemberdayaan baik dari segi ekonomi, pendidikan, politik, hukum dan sosial budaya.

      "Kami berupaya menghadirkan pihak eksekutif, legislatif, yudikatif maupun dari partai politik juga tokoh-tokoh masyarakat, pemuka adat dan tokoh agama untuk mendukung eksistensi serta kemandirian kaum perempuan melalui wadah Pekka," ungkap Rosalina di Sungai Raya, Kamis (30/5).

     Dalam Forwil tersebut serikat Pekka juga melibatkan lembaga pemerintah dan pihak legislatif untuk memberikan dukungan pada kaum perempuan. Melalui program-program yang digagas Pekka dalam bentuk pemberdayaan baik dari segi ekonomi, pendidikan, politik, hukum dan sosial budaya.

       Sementara itu Bupati Kubu Raya, Muda Mahendraean yang hadir sebagai pembicara mengajak semu serikat pekka di Kubu Raya untuk ikut berperan aktif dalam mempercepat pembangunan di Kubu Raya, dengan menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga, dan membangun optimisme serta inisiasi untuk menciptakan inovasi dan inisiatif2 baru membangun ekonomi kekuarga. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar