Senin, 20 Mei 2013

Kesadaran Masyarakat Sungai Raya Buat E-KTP Masih Minim

         Program nasional untuk E-KTP di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya ternyata  masih kurang karena kesadaran masyarakatnya masih minim. Hal ini disampaikan oleh Camat Sungai Raya Syahril Nur, dirinya mengungkapkan untuk persentse perkembangan E-KTP Kubu Raya baru mencapai 75 persen. "Sampai hari ini perekaman E-KTP di Sungai Raya masih berlangsung," katanya kepada Kalbar Times Senin (20/5).

         Menurutnya, minimnya kesadaran masyarakat disebabkan juga karena masyarakat belum merasa penting memiliki KTP, padahal memiliki KTP sangat penting bagi masyarakat untuk pemerintah dalam melayani masyarakat.  Selain itu lanjut Syahril Nur kendala yang dihadapi oleh masyarakat ialah, lokasi jarak dari desa di Kecamatan Sungai Raya sangat jauh sehingga masyarakat pun enggan melakukan perekaman."Seperti di Desa Gunung Tamang jaraknya sangat jauh, belum lagi masyarakat lebih mementingkan pekerjaanya," paparnya.

          Menurutnya E-KTP memang msih gratis, namun untuk masyarakat pedalaman tidak bisa melakukan perekaman karena masalah akomodasi menuju ke kecamatan jauh lebih besar. Jelas ini membuat masyarakat merasa kesulitan.  Namun dari Kecamatan Sungai Raya sendiri sudah mengupayakan kepada Disdukcapil Kubu Raya untuk membantu desa-desa disini untuk disediakan alat perekaman E-KTP bagi daerah terpencil, sehingga E-KTP bisa dirasakan semua masyarakat. Namun keinginan tersebut belum juga ditanggapinya.

         Untuk itu dirinya mengharapkan Pemkab segera menyediakan alat perekaman bagi desa terpencil.
Lanjut Syahril, untuk pembuatan E-KTP masih gratis. Sementara untuk pembuatan E-KTP dengan E-Mobile, Syahril mengungkapkan akan segera disediakan bagi daerah terpencil.  Sementara dirinya pun menghimbau bagi masyarakat yang belum membuat E-KTP, untuk segera melakukan perekaman, mengingat E-KTP ini sangat penting bagi masyarakat."Mungkin saat ini masyarakat tak merasa penting EKTP ini, namun pikirkan kedepannya untuk pelayanan kesehatan dan lainnya," ucapnya.  (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar