Senin, 27 Mei 2013

Pemkab Kubu Raya Akan Gandeng BUMN dan Perbankan Guna Berikan bantuan Kepada UMKM

         Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kubu Raya terus memberikan pelatihan penulisan proposal pinjaman modal usaha kepada para UMKM untuk mempermudah pelaku usaha mendapatkan pinjaman modal kepada perbankan dalam mengembangkan usaha mereka.
   
        "Hal ini kita lakukan sebagai upaya membantu para pelaku usaha dalam mendapatkan bantuan pinjaman modal pengembangan usaha kepada perbankan. Kita akui sampai saat ini APBD Kubu Raya masih sangat kecil, sehingga masih belum bisa memberikan bantuan modal usaha maupun pengembangan usaha kepada masyarakat," kata kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Sutoyo di Sungai Raya, Senin, (27/5).
   
      Salah satu usaha yang dapat dilakukan, lanjut Sutoyo, adalah dengan mencarikan bantuan modal dari pihak ketiga, baik melalui BUMN dan perbankan. Dia menyatakan, sampai saat ini Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya juga sudah menggandeng beberapa BUMN dan Perbankan dalam memberikan bantuan modal dan pengembangan usaha kepada masyarakat.
   
     "Langkah ini juga sudah dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha, khususnya UMKM, dimana mereka bisa lebih mudah mendapatkan akses permodalan dari pihak ketiga tersebut. Namun, kita berharap, setiap perusahaan yang ada di Kubu Raya juga bisa membantu permodalan UMKM dengan memanfaatkan dana CSR mereka agar UMKM di Kubu Raya bisa terus tumbuh dan berkembang," kata Sutoyo.
   
      Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, untuk membantu peningkatan usaha UMKM di kabupaten itu, melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu pihaknya terus mempermudah masyarakat untuk mendapatkan izin usaha agar tercipta wirausaha baru.
   
      Dikatakan, jika banyak wirausaha baru, tentu akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran. Untuk mempercepat tumbuhnya wirausaha baru, pihaknya juga membantu masyarakat yang akan berusaha untuk mendapatkan modal awal maupun tambahan modal.
  
     Dalam membantu permodalan tersebut, Pemkab Kubu Raya bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara maupun perbankan yang memiliki program yang sama dengan pemkab Kubu Raya dalam membantu usaha mikro dan menengah mengembangkan usaha mereka. "Kita menjamin masyarakat agar mudah mendapatkan pinjaman dari bank dan BUMN yang sudah bekerjasama dengan kita. Jadi jika ada masyarakat yang membutuhkan modal, bisa langsung mendatangi dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya dan mengurus perizinan usaha mereka di BPMPT," katanya.
   
      Muda juga menjamin, dari proses pengurusan izin usaha, masyarakat dipastikan tidak akan direpotkan, karena BPMPT Kubu Raya sudah menetapkan pola pelayanan yang benar-benar terpadu, transparansi, akuntabel dan cepat. Dia yakin, jika masyarakat banyak yang menjadi wirausaha, maka proses perputaran ekonomi di Kubu Raya juga akan cepat. Selain berpengaruh besar pada peningkatan pendapatan dan ekonomi masyarakat, hal itu jelas akan sangat berpengaruh pada percepatan pembangunan di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar