Jumat, 10 Mei 2013

Bangun Karakter Lewat PORSENI


        Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya menggali potensi dan membangun karakter anak-anak sejak dini dengan mengadakan pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) PAUD FORMAL dan Non FORMAL sebagai upaya untuk membangun generasi berkarakter sejak dini. Disamping itu, kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana untuk membangun kerjasama dan membangun relasi antara PAUD yang ada di Kubu Raya. Pekan olahraga PAUD se-Kabupaten Kubu Raya tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan didampingi  Ketua tim Penggerak PKK Rosalina dan Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya Rosalina, di Sungai Raya, Jum'at (10/5).

       Ketua Penggerak PKK Kubu Raya Rosalina Muda mengatakan, Pelaksanaan Pekan Olah Raga PAUD se Kubu Raya tersebut merupakan pelaksanaan tahun ketiga saat ini. Menurutnya PKK ikut ambil bagian dalam melakukan pembinaan terhadap PAUD yang ada di Kubu Raya. Dikatakan Rosalina, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama serta relasi yang baik antara PAUD yang ada. Sejak dini sudah ditanamkan kebiasaan untuk bersosialisasi dan juga sekaligus menggali potensi anak-anak sejak dini.

       “Kegiatan ini kan salah satu cara untuk membangun karakter anak, karena disini mereka menggali prestasi, menggali potensi diri masing-masing, mereka mulai belajar bersaing secara sehat, juga sekaligus mengajari anak-anak untuk membangun relasi sosial yang baik antara sesama PAUD,” kata Rosalina di Sungai Raya Jum'at (10/5). Dikatakan Rosalina saat ini gairah pendidikan pada anak usia dini di Kubu Raya sangat berkembang pesat. Hampir disetia desa dan dusun ada. Ini adala bentuk dari kterlibatan masyarakat dan orang tua yang semaklin peduli terhadap pendidikan anak-anaknya dan juga karena dibukanya peluang  dan pembinaan oleh pemerintah.

       Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya Frans Randus mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat konsisten mendukung kegiatan kependidikan di Kubu Raya baik formal maupun non formal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan besaran anggaran APBD Kubu Raya untuk dunia pendidikan sangat tinggi. Menurut Frans ini merupakan bukti keseriusan Kubu Raya untuk mengawal pendidikan di Kubu Raya bahkan sejak anak-anak itu lahir. Dengan kegiatan Pekan Olah Raga PAUD ini juga sekaligus membangun kerjasama yang baik antara orangtua dengan dunia pendidikan sehingga proses pendidikan terhadap anak dikawal sama-sama antara orang tua dengan pendidik.

      Frans juga sangat menyambut baik terhadap dukungan orang tua terhadap kegitan kependidikan yang ada di sekolah maupun lembaga-lembaga pendidikan. Menurutnya hal tersebut memberikan inspirasi terhadap dunia pendidikan di Kubu Raya dengan antusias orang tua mendukung dan mengawal kegiatan pendidikan baik formal maupun non formal, yang mana semua muaranya adalah membangun generasi Kubu Raya dengan pendidikan yang baik. “Kita sangat bersukur atas adanya dukungan dari Bupati terhadap kegiatan kependidikan di Kubu Raya baik formal maupun non formal. Kita juga sangat bangga dengan adanya dukungan yang baik dari para orang tua untuk mendasmpingi dan mengawal kegiatan pendidikan baik formal maupun non formal, dengan demikian kita harapkan kedepan akan lebih baik dan lebih cerdas anak-anak Kubu Raya dengan jaminan pendidikan dari pemerintah,” ujar Frans. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar