Kamis, 23 Mei 2013

Pengembangan Potensi Wisata Dengan Mengubah Pola Pikir Masyarakat

        Dengan peran para putra-putri yang terpilih menjadi duta pariwisata Kabupaten Kubu Raya, diharapkan dapat mempromosikan segala sektor pariwisata yang ada di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini. Selain itu, peran putra-putri pariwisata ini juga dharapkan mampu menjadi bagian dalam pembangunan di daerahnya masing-masing. “Melalui pemilihan putra-putri pariwisata Kabupaten Kubu Raya tahun 2013 ini, diharapkan dapat memberikan perubahan paradigma dari pola pikir masyarakat untuk lebih kreatif di dalam mengelola potensi wisata yang ada”, ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat melakukan audiensi dengan 28 calon putra-putri pariwisata Kubu Raya di kediamannya, Kamis (23/5).
            
        Menurut Bupati Muda, jika masyarakat bisa kreatif dalam memanfaatkan potensi wisata yang ada di sekitarnya, tentu dapat menjadi nilai tambah dalam mengembangkan potensi wisata yang ada. “Dengan digelarnya pemilihan putra putri pariwisata ini, salah satu langkah untuk memberi peluang bagi generasi muda di dalam membangun kepariwisataan”, ungkapnya.

          Bupati pertama di Kubu Raya ini mengharapkan, dengan di gelarnya pemilihan putra-putri Pariwisata Kabupaten Kubu Raya tahun 2013 ini, dapat juga dilakukan oleh masyarakat Kubu Raya. Mengingat di setiap Kecamatan yang ada memiliki potensi wisata yang cukup bagus, dan semuanya itu hanya tinggal di poles dan didukung dengan sarana prasarana yang memadai maka potensi wisata tersebut bisa bertambah.  “Daerah kita ini kan banyak potensi wisata yang baik dan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, nah... tugas putra-putri pariwisata ini yang sangat berperan, bagaimana mereka mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Kubu Raya”, paparnya.


         Muda menambahkan, di Kecamatan Kubu sendiri memiliki objek wisata sejarah, ritual dan wisata alam. Sedangkan di kecamatan Sungai Kakap memiliki potensi wisata budaya dan rekadena. Demikian pula dengan kecamatan lainnya yang juga memiliki potensi wisata yang tinggal di kelola, sehingga apabial semuanya itu bisa di kelola dengan baik maka potensi Budaya dan Pariwisata di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. “Dengan berhasilnya putra-putri pariwisata ini di dalam mempromosikan tempat wisata yang ada di Kubu Raya ini, tentunya kondisi ini bisa menjadi ikon bagi daerah lain di dalam mengembangkan wisatanya masing-masing”, tuturnya.
         
         Bupati termuda di Kalimantan Barat ini menjelaskan, dengan letak geografis wilayah Kubu Raya yang sangat strategis, sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi Kabupaten ini untuk mengembangkan wisatanya. “Sehingga dengan begitu, masyarakat luar yang datang ke Kalimantan Barat melalui gerbang udara, maka mereka sudah menginjakkan kakinya ke Kabupaten yang berdiri sejak tahun 2007 ini”, bebernya.
           
         Untuk itu Muda berharap putra-putri pariwisata yang menjadi ikon wisata di Kubu Raya ini bisa mengembangkan potensi-potensi tersebut dengan bekerjasama instansi terkait, dan hal itu bisa di lakukan dengan mudah. “Kita minta agar, putra-putri pariwisata ini bisa mengembangkan sejumlah potensi di Kubu Raya, tentunya semua itu harus bekerjasama dengan intansi terkait”, harapnya.
           
           Muda menekankan, apabila pola pikir masyarakat sudah bisa di ubah, maka tidak perlu lagi di lakukannya promosi secara besar-besaran, karena dengan sendirinya para wisatawan akan datang berbondong-bondong ke Kubu Raya. “Apabila semua ini bisa dilakukan dengan baik, tidak menuntut kemungkinan, Kabupaten Kubu Raya bisa dikenal oleh seluruh wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan negara”, imbuhnya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar