Selasa, 21 Mei 2013

Angkat Budaya Lokal, Pemkab Kubu Raya Gelar Lomba Cerita

        Puluhan siswa dari  tingkatan sekolah dasar di  ambil bagian dalam kegiatan lomba bercerita (Story Telling) tingkat SD\MI, lomba bercerita yang bertema sejarah Kubu Raya.Kegiatan yang diadakan oleh Kantor Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kubu Raya ini pun digelar di Hotel Randayan Selasa (21\5)

      Kepala Arpusda Kubu Raya Jipridin mengajak para peserta untuk serius mengikuti lomba ini sebagai wahana menjaring siswa yang berprestasi dibidang bercerita yang pemenangnya nanti akan menjadi utusan Kubu Raya  pada lomba yang sama pada tingkat Provinsi Kalbar. "Selain itu melalui ajang ini diharapkan akan mampu menumbuhkan minat baca siswa yang dari hari ke hari terus mengalami peningkatan secara signifikan," katanya di Sungai Raya, Selasa (21\5).

      Jipridin pun mengingatkan kembali para tim penilai lomba agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin agar hasil akhir atau yang keluar sebagai pemenang lomba adalah mereka yang memang memiliki kompetensi sehingga bisa menjadi duta Kubu Raya pada lomba tingkat provinsi.

      Lanjut Jiridin, dalam lomba cerita ini memang tema yang diangkat ialah cerita khazanah lokal Kubu Raya. Kegiatan ini untuk merangsang anak tersebut untuk lebih aktif dalam mengunjungi perpustakaan daerah, terutama perustakaan sekolah ditempatnya.

      Pelaksanaan lomba dilakukan selama satu hari. Para pemenang selain mendapatkan tropi dan hadiah juga akan diikutkan lomba di tingkat provinsi untuk juara satu. Sementara itu ditambahkan Usmiatun pendamping SDN 09 Sungai Kakap mengatakan lomba cerita ini merupakan sebagai ajang mengenang sejarah Kubu Raya, karena cerita yang diangkat pun tentang Kubu Raya. "Selain itu lomba ini  supaya membuat anak-anak kita berani tampil," ucapnya. Jupridi berharap, agar lomba ini sebagai pelajaran berharga bagi anak muridnya karena ini merupakan penglama pertama bagi muridnya tampil di tingkat Kabupaten ini.

       Sementara itu Bupati Kubu Raya memberikan apresiasi kepada anak-anak Kubu Raya yang mengikuti lomba bercerita ini memiliki karakter kuat sehingga membuat prestasi-prestasi yang dihasilkan oleh anak-anak Kubu Raya pun sudah mencapai tingkat nasional. "Seperti anak-anak kita dari Kecamatan Batu Ampar  waktu yang lalu mengukir prestasi tingkat nasional. Ini menunjukkan bagaimana anak kita mempunyai bakat yang terpendam," paparnya.

        Lanjut Muda, lomba bercerita ini merupakan proses yang bagus untuk menanamkan pikiran-pikiran yang baik bagi anak tersebut dalam mempunyai fantasi yang baik."Selain tu lomba ini bisa menanamkan mental para anak," ucapnya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar