Selasa, 04 Juni 2013

Bupati Kubu Raya : Peran RT dan RW Guna Menghindari Pembiaran

      Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berupaya mengakomodir semua kepentingan masyarakat secara menyeluruh untuk mengejar pembangunan yang berkeadilan sebagaimana komitmen dari Pemkab Kubu Raya dalam membangun daerahnya yang berkeadilan.
"Untuk mencapai pembangunan yang berkeadilan dan yang baik bagi semua masyarakat di Kabupaten Kubu Raya dibutuhkan dukungan dan komitmen semua pihak. Untuk itu Pemerintah Kubu Raya memandang sangat penting adanya kekuatan dimasyarakat, adanya komitmen yang kuat dan itikad yang baik dari semua masyarakat untuk membangun Kubu Raya yang berkeadilan menuju Kubu Raya yang terdepan dan Berkuwalitas", ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa (4/6).

     Muda mengatakan untuk mencapai hal tersebut perlu dibagun kekuatan mulai dari kelompok masyarakat yang paling bawah. Untuk itu diberikan pelatihan penguatan kepada para ketua-ketua RT dan RW di Kubu Raya sebagai pemimpin masyarakat terdekat dengan masyarakat, mengingat posisi mereka ada ditengah-tengah masyarakat.

      Muda mengingatkan kepada para seluruh Ketua RT dan Ketua RT di Kabupaten Kubu Raya, untuk selalu berupaya mengayomi masyarakat, meningkatkan pelayanan dan menekan adanya pembiaran-pembiaran. Menurutnya hal yang memperburuk pelayanan dan yang menimbulkan semakin banyaknya masyarakat yang tidak terlayani adalah karena adanya pembiaran-pembiaran.

    “Saya harapkan kepada semua ketua RT dan RW serta Kepala Desa di Kubu Raya untuk menghindari adanya pembiaran-pembiaran dimasyarakat. Saya ingatkan jangan ada lagi masyarakat yang tidak memiliki KTP dan Akte Kelahiran, karena itu merupakan kebutuhan yang sangat fital untuk menunjang proses pembangunan masyarakat dalam upaya mendapatkan data yang baik dari masyarakat,” ujar Muda.

      Muda juga mengharapkan agar kedepan RT dan RW agar menjadi inisiator, pembawa perubahan di tengah-tengah masyarakat dengan merangkul semua masyarakat untuk menciptkan ide-ide kreatif untuk mengisi pembangunan di RT dan RW. Bias dalam bentuk pertanian, pengembangan peternakan dan potensi-potensi yang lain yang berpeluang dikembanglkan dilingkungan masyarakat.
“Ini merupakan bentuk terobosan yang kita lakukan dalam upaya mengubah pradigma masyarakat terhadap peran RT dan RW, yang mana selama ini pemahaman bahwa RT dan RW hanya mengurusi administrasi kependudukan saja, padahal kan tidak, mereka ini harus menjadi inisiator dan motivator di masyarakat,” jelas Muda.

     Salah satu Ketua RT dari Desa Kubu Padi Kecamatan Kuala Mandor B, Pudeli mengatakan sangat bangga dengan kepemimpinan Bupati Kubu Raya saat ini. Dengan adanya terobosan Pemerintah Kubu Raya untuk memberikan RT dan RW bimbingan dan penguatan peran akan membantu ketua RT dan RW meningkatkan wawasan dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin masyarakat di tingkat RT dan RW serta adanya insentif akan membantu ketua-ketua RT dan RW dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat.

     “Kita sangat bangga dengan pak Muda, beliau memperhatikan nasip kami para ketua-ketua RT dan RW, dengan seperti ini kami merasa dianggap ada oleh pemerintah, keberadaan kami dimasyarakat dihargai, kami sangat berterima kasih. Wawasan dan penmgetahuan kami juga semakin bertambah dengan diberikannya bimtek oleh pemerintah,” ujar Pudeli. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar