Minggu, 23 Juni 2013

Bupati Kubu Raya Resmi Membuka MTQ Tingkat Kabupaten Ke-3

         Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Kubu Raya ke-3, Sabtu (22/6) malam resmi di buka Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Sebanyak 9 Kafilah dari 9 Kecamatan di Kubu Raya ikut andil dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kubu Raya ke 3 tahun 2013 ini. Diantarnya Kafilah Sungai Raya, Sungai Ambawang, Sungai Kakap, Kuala Mandor B, Rasau Jaya, Kubu, Batu Ampar, Teluk Pakedai dan Kafilah Terentang.

        Kegiatan yang berlangsung di samping Kantor Camat Sungai Ambawang ini, dihadiri langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang secara langsung membuka MTQ tingakat Kabupaten Kubu Raya yang ke 3 ini, Wakil Bupati Kubu Raya Andreas Muhrotien, Muspida Kubu Raya, SKPD, Anggota DPRD Kubu Raya, seluruh Camat, Ketua LPTQ, Pimpinan Pondok Pesantren, Pengurus Masjid, Majelis Taklim, tokoh masyarakat sungai Ambawang dan Kafilah se-Kubu Raya, serta ribuan masyarakat Sungai Ambawang yang memadati lokasi pembukaan MTQ ini.

        Dalam kegiatan pembukaan ini para Kafilah dan masyarakat ditakjubkan dengan merdunya suara dari Rahmawati saat membaca ayat suci Al-Qur’an, yang mana Rahmawati merupakan Qori'ah dewasa terbaik wanita yang pernah menjadi juara pertama tingkat Internasional pada tahun 80 an.

        Dalam sambutannya, Ketua Panitia MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya ke-3 H.M. Jaini S.Sos. M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan para generasi muda Qur’ani. “Kita harapkan, dengan digelarnya MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya yang ke-3 ini, para generasi muda di Kubu Raya,  bisa menjadi remaja yang cinta terhadap Al-Qur’an serta bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari", ungkap Ketua Panitia MTQ M. Jaini saat pembukaan  MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya ke-3 di Kecamatan Sungai Ambawang, Sabtu (23/6).

          Jaini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, para dewan hakim dan seluruh kafilah yang turut andil dalam kegiatan ini. Jaini menjelaskan, bagi para pemenang juara 1 dari tiap-tiap cabang perlombaan akan di ikutsertakan dalam MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Bengkayang pada tahun 2014 mendatang. “Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh para panitia, para dewan hakim dan seluruh kafilah MTQ dan para donatur yang turut berperan, sehingga pembukaan  MTQ ini bisa kita laksanakan dengan baik”, paparnya.


          Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, kegiatan 2 tahunan ini sebagai bentuk untuk kita memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Sehingga para genarasi muda di Kubu Raya ini bisa menjadi generasi yang bisa mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an di dalam kehidupan mereka sehari-hari. “Saya merasa bangga menjadi Bupati pertama di Kubu Raya ini, karena banyak para genarasi-generasi muda kita yang bisa menjadi genarasi yang Qur’ani. Kondisi ini bisa kita lihat langsung, banyaknya para peserta dari 9 Kecamatan yang ikut dalam MTQ ini”, tutur Bupati.

            Selain itu Muda juga meminta kepada seluruh peserta agar tetap menjaga fisik dan kesehatan, sehingga selama mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 22 sampai 26 Juni ini, bisa tetap fit serta bisa berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. “Saya minta kepada seluruh peserta, agar bisa menjaga kesehatan, terutama jaga pola makan dan gunakakn waktu istirahat sebaik mungkin, sehingga sampai berakhirnya MTQ ini, para peserta tetap dalam kondisi sehat”, pintanya.

             Muda menjelaskan, sebagai Kabupaten baru di Kalimantan Barat ini, para peserta MTQ di Kubu Raya, tidak kalah hebatnya jika dibandingkan dengan Kabupaten lainnya. Mengingat, pada MTQ tingkat Provinsi  di Kabupaten Melawi, Kubu Raya bisa bersaing ketat dengan Kota Pontianak dan Kabupaten Pontianak, yang merupakan Kabupaten terlama di Kalimantan Barat ini.

        “Saya juga merasa bangga terhadap prestasi para peserta MTQ ini, meski kita merupakan Kabupaten yang baru 3 kali ikut serta dalam MTQ tingkat Provinsi, namun pada MTQ tingkat Provinsi Kalbar yang berlangsung di Kabupaten Melawi pada tahun 2012 lalu, kontingen (Kafilah.red) bisa bersaing ketat dengan Kabupaten yang sudah lama terbentuk”, ujarnya.

            Dalam kegiatan ini, masyarakat Sungai Ambawang dihiburkan dengan pawai para kafilah yang melintasi setiap ruas jalan Trans Kalimantan. Dan ditampilkan sejumlah stand pameran yang menghiasi lakosi MTQ, yang mana stand pameran ini memamerkan sejumlah produk unggulan dari masing-masing Kecamatan yang ada di Kubu Raya. (Rino Kartono Mawardi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar