Rabu, 12 Juni 2013

FKDM Kubu Raya Cegah Potensi Ancaman Keamanan

     Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Kubu Raya, diminta peran sertanya, untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini terhadap potensi ancaman keamanan di masyarakat.
.
      "Forum ini sangat penting keberadaannya karena berfungsi sebagai wadah bagi elemen masyarakat, yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan masyarakat," kata RR Minderwan Kabid Kewaspadaan Dan Penanganan Konflik Kesbangpol Kalbar kepada  sejumlah wartawan di Sungai Raya, Rabu (12\6)

      Minderwan mengatakan salah satu kewajiban oleh kepala pemerintahan ialah menjaga ketertiban dan keamanan bagi masyarakat serta meningkatkan koordinasi antara antara FKDM Kalbar dan kab\kota, menambah wawasan dalam mendetksi terjadinya ancaman dari masyarakat.

     "Dalam UU No 32 tahun 2004 pada pasal 22 disebutkan bahwa dalam rangka penyelenggaraan otonomi, daerah mempunyai kewajiban untuk melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukuknan nasional serta keutuhan negara," ucapnya.

     Lanjutnya untuk kewaspadaan yang dimaksud dalam hal ini menurutnya ialah  ada tiga bencana yang perlu diwaspadai diantaranya bencana perang, alam dan bencana ulah manusia sendiri. Maka dari FKDM ini mengajak masyarakat untuk peran serta dalam melaporkan kejadian sedini mungkin yang dapat merugikan masyarakat."Masyarakat kitakan membutuhkan kecepatan informasi meskipun ada hambatan dalam birokrasi ketika akan melakukan tindakkan tersebut," ungkapnya.

      Untuk itu pun Kedepan Forum ini akan dibentuk sampai tingkat desa/kelurahan untuk mencegah konflik terjadi. Sementara itu Kepala Kesbangpolinmas Kubu Raya M.Yasin mengungkapkan bahwa Pemkab Kubu Raya, merasa brsyukur kepada Pengrop telah menyusun program kerja seperti ini.

      Yasin mengatakan untuk Kubu Raya sendiri, yang perlu diwaspadai oleh masyarakat saat ini memanglah ada masalah tertentu yang rentan terjadi seperti masalah lahan, perkebunan, tahapan pilkada. "Namun untuk KKR memang aman dan terkendali sampai hari ini. Tetapi kita tak boleh lengah, kita tetap mewaspadai agar tidak terjadinya hal-hal yang tak diinginkan," paparnya.

      Maka dari itu tak kalah penting dalam menjaga keamanan itu sendiri ialah bagaimana peran serta masyarakat yang memang sangat dibutuhkan sekali. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar