Rabu, 26 Juni 2013

Dua Parpol Kembali Dukung Muda-Harjo

     Bakal pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan-Suharjo yang maju menggunakan jalur
perseorangan terus mendapat dukungan dari sejumlah partai politik. Jika sebelumnya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memastikan mendukung, kali ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Kubu Raya  memastikan memberikan dukungannya kepada Muda-Harjo sebagai kandidat terkuat pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kubu Raya, 19 September mendatang.

      Ketua DPC PKS Kubu Raya, Amri menuturkan latar belakang PKS mendukung Muda-Harjo karena pasangan tersebut memiliki visi misi yang sama untuk memajukan Kabupaten. “Untuk membuktikan bahwa dukungan, kami telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk mendukung pasangan Muda - Suharjo sebelum pasangan itu melakukan pendaftaran waktu lalu,” katanya, Senin (24/6).

      Diakuinya, memang ada beberapa pasangan calon ang juga telah mendaftar dan membangun komunikasi dengan pihaknya. Akan tetapi berdasarkan hasil survei dan penilaian Dewan Pimpinan Wiliayah (DPW) PKS Kalimantan Barat ang memiliki kewenangan lebih memilih untuk mendukung Muda - Suharjo. “Kalau sudah memberikan dukungan, maka menjadi kewajiban seluruh kader maupun simpatisan untuk mendukung sepenuhnya pemenangan pasangan Muda - Suharjo,” ungkapnya.

      Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh sejumlah parpol yang mendukungnya merupakan suatu langkah yang sangat baik dan sebuah inovasi politik yang dilakukan oleh partai. Karena dengan adanya dukungan itu maka akan menghapus paradigma yang membuat sekat politik antara parpol dan independen. “Saya sangat memberikan apresiasi terhadap parpol yang sudah mendukung saya. Tentunya hal ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh partai politik, karena selama ini sangat jarang pasangan Independen bisa didukung oleh partai politik”, ujarnya.

       Muda menyatakan, dengan memberikan dukungan kepada calon Independen, bukan berarti partai politik akan kehilangan wibawanya. Justru sebaliknya, hal tersebut akan memperkuat dukungan masyarakat kepada suatu parpol, karena hal tersebut menunjukkan adanya sinergisitas antara parpol dengan calon yang berangkat dari jalur independen. “Kondisi ini juga membuktikan dan menghilangkan paradigma yang melekat dihati masyarakat. Bahwasanya partai politik juga bisa mendukung pasangan independen”, jelasnya.

        Sedangkan dari Partai Hanura juga dikabarkan mendukung pasangan dari jalur perseorangan tersebut. dari informasi yang diimpun kepastian itu tinggal menunggu hasil rapat dengan seluruh PAC sembilan kecamatan dalam beberapa waktu kedepan. Ketika dikonfirmasi, Ketua DPC Partai Hanura Kubu Raya, Azari enggan untuk menyatakan kepastian tersebut. Menurutnya memang beberapa PAC sudah melakukan pembahasan dukungan ke Muda – Suharjo. “Saya tidak bisa menyatakan kepastiannya sekarang karena kami harus  menggelar rapat khusus terlebih dahulu,” ucapnya. (Rino Kartono Mawardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar